Rabu, 25 Mei 2016

Nyeri Sendi, Nyeri Tulang & Pegal Linu


Di sekitar kita sering melihat dan mendengar keluhan tentang pegal –pegal dan linu-linu.Bahkan kita sendiri juga pernah mengalaminya. Sebagian tubuh terasa nyeri, pegal-pegal, atau dengan bahasa sehari-hari sering dikatakan terasa cekot-cekot. Pada umumnya banyak orang akan menyebut sebagai  kelelahan, rematik  atau asam urat sebagai biang penyebab munculnya keluhan cekot-cekot tersebut. Menurut ilmu medis gejala / keluhan pegal-pegal dan linu-linu, bukan merupakan suatu keluhan yg simple , sebenarnya bisa berarti luas, mulai dari kelelahan sampai indikasi adanya penyakit serius lain di dalam tubuh.
Oleh sebab itu, tiap kali muncul keluhan pegal-pegal dan  linu-linu, Anda perlu benar-benar mencermati dahulu apakah rasa nyeri yg muncul pada bagian sendi atau pada bagian otot. Bila termasuk nyeri sendi, sendi mana saja yang terasa sakit. Apakah sendi di pergelangan tangan, siku, punggung, pinggang, lulut, kaki, di sepanjang tulang belakang atau pada beberapa tempat. Begitu pula bila nyeri terasa pada otot, apakah otot lengan bawah atau lengan atas. Bila kita mengetahui dengan tepat bagian mana-mana yg terasa sakit, maka Anda akan dapat lebih mudah mencari kemungkinan penyebab sakitnya dan tentu pengobatannya pun bisa lebih tepat dan akurat
Pegal-pegal & linu- linu yang disebabkan oleh nyeri otot bisa terjadi pada semua orang dan semua usia, meskipun keluhan lebih banyak pada orang usia 40 tahun ke atas. Mengapa orangtua lebih sering mengalami rasa pegal-pegal dan  linu-linu? Karena semakin bertambah usia maka akan sejalan  dengan penurunan fungsi organ-organ tubuh dan elastisitasnya.


Sedangkan keluhan pegal -pegal dan linu-linu pada orang usia lebih muda pada umumnya disebabkan oleh faktor kebiasaan sehari-hari, seperti kurang istirahat, tidak rutin berolah raga, bekerja keras yg hight energy, atau karena terjadi perubahan posisi tubuh saat beraktivitas secara salah atau tiba-tiba, atu sering dikatakan salah urat.
Jika demikian terjadinya maka pada usia muda ini pengobatan/ penyembuhan bisa lebih mudah, misalnya dengan urut ,istirahat yg cukup serta asupan gizi dan protein yg seimbang.Biasanya keluhan tersebut akan cepat membaik.
Namun demikian , baik usia muda maupun lebih tua sebaiknya tidak menyepelakan begitu saja keluhan-keluhan seperti dijelaskan di atas. Karena selain karena aktivitas berlebih dan sindrom pekerja di kantor, adanya penyakit dan infeksi dalam tubuh juga bisa menimbulkan pegal-pegal dan linu-linu dengan keluhan nyeri otot. Misalkan saja ketika kita menderita influenza yg diakibatkan oleh virus, tubuh biasanya akan terasa pegal-pegal yang diikuti demam. Begitu pula bila kita terjangkit leptospirosis, penyakit yang berasal dari kencing tikus ,umumnya timbul ketika waktu banjir, salah satu gejalanya juga pegal-pegal yg diikuti dengan demam. Pegal –pegal dan linu-linu biasanya terasa di betis, dengan rasa sakit yg cukup kuat jika  betis anda diberikan tekanan atau dipencet.

Akan tetapi jika pegal-pegal,linu-linu dan  nyeri otot yang dirasakan tak diiringi demam maupun trauma di tempat lain, maka kemungkinan besar tubuh kita hanya menderita pegal –pegal biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar